Selamat datang.. Hingar bingar di sekeliling mari diambil hikmahnya, karena keadaan masyarakat akan berubah bila diri kita berubah. Salam hangat!

Monday, February 16, 2009

Krisis global itu..

Krisis global adalah cerminan keterbatasan manusia. Hukum manusia selama tidak mengindahkan hukum Yang Maha Adil, beginilah akibatnya. Perlombaan ilusi uang (di antaranya menilai suatu barang melebihi fungsi barang itu sendiri / bentuk ketidakadilan) hanya akan memunculkan bom waktu.

Sunnatulloh (hukum alam) pasti berlaku, dari level mikro hingga makro. Manusia bisa berencana, tapi Tuhan yang berkuasa. Sehebat apapun Amerika yang telah didukung dengan ribuan ahlinya dalam teknik studi analisis, evaluasi, dan perencanaan yang paling komprehensif, bisa gagal juga karena berlandas pada tabiat keserakahan kapitalisme.

Hukum yang salah cepat atau lambat akan mendapatkan pelajarannya karena proses kesetimbangan pasti terjadi. Semakin ada ketimpangan suatu sistem terhadap sistem yang maha benar, semakin sakit pula dalam mengalami proses penyembuhan.

Sekarang, kita yang ada di Indonesia juga merasakan dampaknya, karena kita juga bagian dari sistem dunia yang kapitalis itu. PHK massal, pemulangan TKI, efisiensi dimana-mana sudah mulai menerkam negeri ini. Semoga kita tidak merasakan dampak yang terlalu parah..

Sebenarnya gimana sih asal muasal krisis global itu? Klik di sini.

No comments: