Selamat datang.. Hingar bingar di sekeliling mari diambil hikmahnya, karena keadaan masyarakat akan berubah bila diri kita berubah. Salam hangat!

Friday, March 6, 2009

SMS atau Email bertuah

Beberapa hari yang lalu saya menerima [lagi] sms rejeki. Kalau saya mem'forward' sms tersebut ke beberapa orang, maka dijanjikan bahwa besok akan ada kabar baik dan rezeki besar.

Bulan-bulan yang lalu pun ada beberapa email sejenis, bahwa siapa yang mem'forward' akan mendapat keberuntungan besar, sedang yang tidak mengindahkan / mendelete dikabarkan akan ditimpa bencana.






Secara umum, SMS atau email semacam itu biasanya mengandung beberapa point :

1. Kebanyakan isinya bermuatan religi yang baik dan mengajak kebaikan. Kadang merupakan respon terhadap problema aktual yang seharusnya dapat memberikan penyadaran spiritual yang sangat bermanfaat.
 

2. Keharusan untuk memforward, disertai ancaman dan janji yang disampaikan dengan mengkait-kaitkan unsur keagamaan, ada yang disertai bukti-bukti kejadian yang kebenaran dan keterkaitannya patut diragukan.
 

3. Kadang menyertakan nama nabi atau tokoh agar nilai pesan semakin kuat dan berpengaruh.





Beberapa motivasi yang mungkin melatarbelakangi pembuatan email atau sms itu di antaranya :

1. Keprihatinan akan kondisi sosial atau umat, sehingga ingin mengingatkan masyarakat agar kembali ke jalan yang benar. Mungkin pesan orisinilnya tanpa embel-embel seruan untuk memforward, lalu di tangan berikutnya dikembangkan penambahan-penambahan. 
2. Iseng, sekedar untuk mendapatkan kepuasan bahwa 'karya'nya akan menyebar luas. Mereka ini tidak memahami agama dengan baik, sehingga merangkai-rangkai kata dengan serampangan dan bahkan mencetuskan hukum sendiri.
 

3. Kepentingan bisnis pihak tertentu, bisa jadi.






Bagaimana dampak yang akan ditimbulkan :

1. Pesan intinya akan sangat kecil atau bahkan tidak ada dampaknya ke masyarakat. Yang terjadi adalah orang lebih terfokus pada pesan 'sekunder'nya, yaitu soal keajaiban akibat memforward.
 

2. Sebagian orang memperlakukannya seperti mantra. Di sini pesan itu akan langsung diforwardkan, begitu dijunjung tinggi. Bukannya akan merubah prilaku dengan menjalankan pesan inti dengan baik, tapi malah menunggu sesuatu yang akan terjadi. Hal ini berpotensi menimbulkan kesyirikan, yaitu percaya adanya kekuatan supranatural dari selain Tuhan. Karena, tentu dia tahu bahwa Tuhan tidak pernah memberikan janji-janji yang akan datang pada 1 hari lagi, 2 hari lagi, seminggu lagi dll. Apabila dia belum pernah tahu tentang firman Tuhan dalam kitab suci, maka janji-janji dalam SMS atau email akan mengakibatkan kesesatan baginya.
 

3. Pemahaman terhadap agama akan mengering. Nilai-nilai agama seharusnya diterapkan secara luas dalam kehidupan yang nyata. Efek yang ditimbulkan dari kehidupan beragama yang baik, tidaklah tanpa sebab dan tidak pula datang dengan sekonyong-konyong. Hal-hal yang bersifat mu'jizat nyata tidak akan terjadi, kecuali bila terdapat dalam kitab suci dan itupun akan sangat langka. Akan tetapi, bagi orang yang percaya dengan SMS / email tersebut, mereka akan menganggap bahwa agama harus mendatangkan keajaiban instant. Apabila setelah memforward SMS lalu tidak muncul keajaiban, boleh jadi keyakinannya terhadap agama akan berkurang.
 

4. Spam. Sebagian orang akan menganggapnya spam.












  








Masyarakat luas mestinya memahami bahwa sistem penyebaran informasi baik melalui SMS maupun email bukanlah sistem yang dapat dipertanggungjawabkan. Sistem ini sesungguhnya tidak berbeda dengan tradisi penyebaran berita dari mulut ke mulut, karena SMS atau email bisa diedit dengan mudah. Jangankan kata-kata, foto/video/rekaman suara saja sangat mungkin dimanipulasi dengan rapi.









   


4 comments:

Aboed said...

Satu lagi bos dampaknya:
Trafic BTS meningkat --> Revenue meningkat --> Performance Meningkat (terutama utk BTS TM kita). Hehehe

adi said...

hehehe.. yoi bos, pasti klo itu, penjabaran dari "kepentingan bisnis pihak tertentu" ya kayaknya.

Aboed said...

Kalau mau KPI Anda bagus, itu bisa jadi strategi bos. Coba sebarkan sms seperti itu, tp jgn suruh sms, suruh telp ke no indosat di sekitar nya (yg tentunya rumahnya di TM kita), minimal 10 detik ke 10 orang, maka keajaiban akan terjadi.
Aku yakin KPI mu akan meningkat tajam bos. Masukkan aja dalam proker mu: BIKIN SMS bertuah. Budget: 15rp (biaya utk sms). Hihihihi.

adi said...

qeqeqeqe.. kacau juga bos ini. tp emang bener, keajaiban bakal terjadi: budget ngirit, kpi melesat.
hehe, dilarang keras telpon ke warga lain bts, bisa kena kutukan alokasi kecil..