Selamat datang.. Hingar bingar di sekeliling mari diambil hikmahnya, karena keadaan masyarakat akan berubah bila diri kita berubah. Salam hangat!

Saturday, May 23, 2009

BERAT atau RINGAN (relatifitas)

Berat atau ringan upaya yang dilakukan seseorang dalam hidup, pada rentang tertentu, sungguh sangat relatif. Kita ambil sample dari sebuah upaya seseorang : pekerjaan. Misalkan, ada yang sehari kerja 8 jam sudah merasa berat, ada yang sehari kerja 12 jam merasa masih kurang. Ada yang mengurus 1 job saja sudah berat, ada yang mengurus 3 job sekaligus masih kurang.

Katakanlah tingkat efektifitas kerjanya tetap, maka dapat kita bayangkan akan ada peningkatan hasil yang dicapai apabila volume kerja yang dilakukan semakin besar. Tentu kita ingin hasil yang kita capai bertambah, tapi keinginan tinggal keinginan karena kita tidak mau melakukan hal berat (menambah volume kerja umumnya berat). Suatu hal yang alamiah tentu.

Maka problem sebenarnya adalah bukan soal bertambahnya volume kerja, melainkan karena "berat"nya. Karena berat dan ringan sangat relatif, maka kita bisa merubah perasaan berat menjadi perasaan ringan.

3 comments:

Anonymous said...

mantap.... nulis lagi.... pake (masih akan berlanjut..) lagi....wahh sip..sip... ini saya ratjoenin pak, pantau popularitas rank ya di sini:

http://www.alexa.com/siteinfo/ontrust.blogspot.com

hehehe.... salam

Anonymous said...

haiiiiiiiiiiiiiii
ngapain pa cari yang berat-berat, uang banyak belum tentu happy kalee..
yang penting bisa menikmati hidup..

three_m said...

Maen ke tempatku di http://threedotm.blogspot.com